- Pengertian :
DSDM adalah suatu kerangka kerja awalnya didasarkan pada Rapid Appliation Development (RAD). DSDM mengutamakan keterlibatan pemakai seara berkesinambungan dengan pendekatan pengembangan seara berulang dan bertambah, tanggap terhadap perubahan, untuk membangun sistem perangkat lunak yang memenuhi kebutuhan bisnis tepat waktu dan tepat anggaran. DSDM merupakan salah satu metode Agile untuk pengembangan perangkat lunak,
dan bagian dari Agile Alliance. DSDM pertama kali diperkenalkan pada tahun 1995, di mana merupakan satu-satunya publikasi penggunaan metode RAD di dunia.
Sebagai perluasan dari RAD, DSDM memusatkan pada proyek sistem informasi yang diirikan oleh jadwal dan anggaran yang ketat. DSDM berupaya mengatasi penyebab-penyebab kegagalan proyek, di antaranya melebihi anggaran, terlambat dari jadwal, kurangnya keterlibatan pengguna, dan lemahnya komitmen dari para pimpinan. Kerangka kerja DSDM menyediakan dasar ideal bagi proses pengembangan dan penerapan sistem informasi, meliputi orang (misal organisasi, staf, keahlian), teknologi pendukung (misal teknologi informasi, otomatisasi kantor, komunikasi) dan proses yang menyatukan keduanya (dalam rangkaian strategi bisnis).
DSDM terdiri dari 3 tahapan utama, dan 5 sub tahap :
1. Sebelum proyek, di mana kandidat proyek diidenti kasi, pembiayaan proyek terpenuhi, dan jaminan proyek dipastikan. Penanganan hal-hal tersebut pada tahap ini menghindari masalah pada tahap-tahap berikutnya.
2. Siklus hidup proyek, merupakan inti dari DSDM, yang terdiri dari 5 sub tahap yaitu : 1 studi kelayakan, 2 studi bisnis, 3 perulangan model fungsional, 4 perulangan perancangan dan pembuatan, 5 penerapan.
3. Setelah proyek, yaitu memastikan sistem berjalan secara efektif dan efi sien. Hal ini diwujudkan dengan perawatan, peningkatan dan perbaikan sesuai prinsip-prinsip DSDM.
Perawatan dapat dilihat sebagai usaha meneruskan pengembangan berdasarkan sifat alami DSDM, yaitu perulangan dan pertambahan.
Terdapat 9 prinsip mendasar dari DSDM, yang menjadikan kekuatan dari DSDM, yaitu :
1. Keterlibatan pengguna adalah kunci utama dalam menjalankan proyek secara e sien dan efektif. Pengguna dan pengembang saling bekerja sama sehingga keputusan dapat diambil secara tepat dan akurat.
2. Tim pengembang proyek diberi wewenang untuk membuat keputusan yang penting untuk kemajuan proyek, tanpa menunggu persetujuan dari tingkat di atasnya.
3. Memusatkan pada seringnya produk dihasilkan, dengan anggapan menghasilkan sesuatu "cukup baik" lebih awal adalah lebih baik daripada menghasilkan keseluruhan "sempurna" pada akhirnya. Dengan seringnya penyampaian produk pada tahap-tahap awal proyek, produk tersebut dapat diuji coba dan ditinjau di mana hasilnya merupakan pertimbangan untuk maju ke putaran atau tahap berikutnya.
4. Kesesuaian dari tujuan bisnis merupakan kriteria utama dalam penerimaan hasil. Menghasilkan suatu sistem yang memenuhi semua kemungkinan dari kebutuhan bisnis adalah kurang penting dibanding memusatkan pada fungsi-fungsi yang kritis.
5. Pengembangan secara berulang dan bertambah adalah penting, dilandasi masukan dari pengguna untuk mencapai solusi bisnis yang efektif.
6. Seluruh perubahan yang terjadi dalam pengembangan dapat dikembalikan (reversible).
7. Setiap persyaratan dan kebutuhan harus sudah ditentukan sebelum proyek dimulai.
8. Pengujian dilakukan pada keseluruhan siklus hidup proyek. Dalam hal ini uji coba bukan kegiatan terpisah dalam pengembangan. Tinjauan dari pengembang dan pengguna adalah penting untuk memastikan proyek berjalan baik dari sisi bisnis maupun teknis.
9. Kerjasama yang efektif dan e sien dari setiap pihak yang berkepentingan adalah penting.
Metode Pengembangan Sistem Dinamis (DSDM) pada dasarnya merupakan suatu metodologi pengembangan perangkat lunak pada awalnya didasarkan pada Aplikasi Rapid Development metodologi. Pada tahun 2007 DSDM menjadi pendekatan umum untuk proyek pengiriman manajemen dan solusi. DSDM adalah iteratif dan inremental pendekatan yang menekankan pengguna kontinu / keterlibatan pelanggan.
Tujuannya adalah untuk memberikan proyek-proyek tepat waktu dan menyesuaikan anggaran sementara untuk perubahan kebutuhan sepanjang jalan. DSDM adalah salah satu dari sejumlah metode Agile untuk mengembangkan perangkat lunak dan non-IT solusi, dan itu merupakan bagian dari Aliansi Agile.
Nama Atern adalah pemendekan dari Arctic tern - sebuah kolaboratif yang dapat menempuh jarak yang luas dan banyak aspek melambangkan metode yang merupakan cara alami misalnya prioritas kerja dan kolaborasi.
Versi sebelumnya DSDM (dirilis pada Mei 2003) yang masih banyak digunakan dan masih berlaku adalah DSDM 4.2 yang merupakan versi sedikit diperpanjang versi DSDM 4. Versi diperpanjang berisi petunjuk tentang cara menggunakan DSDM dengan Extreme Programming.
Gambar 1.1. DSDM
Sekilas DSDM Atern
Pada tahun 2007 sebuah tim yang dibentuk oleh Konsorsium DSDM melihat ke dalam isi dari DSDM dan memutuskan bahwa mekanisme yang mendasari dan struktur benar-benar suara tapi bahwa terminologi dan fokus murni pada aplikasi TI harus diperbarui untuk memenuhi kebutuhan proyek yang baru milenium. Versi baru diluncurkan di Cafe Royale di London padatanggal 24 April 2007.
Sekilas DSDM versi 4.2
Sebagai perpanjangan dari pengembangan aplikasi yang cepat , DSDM berfokus pada Sistem Informasi proyek yang dicirikan dengan jadwal yang ketat dan anggaran. DSDM alamat kegagalan yang paling umum dari proyek sistem informasi,termasuk anggaran yang melebihi, tenggang waktu yang hilang, dan kurangnya keterlibatan pengguna dan komitmen top manajemen. Dengan mendorong penggunaan RAD, bagaimanapun, adopsi ceroboh DSDM dapat
meningkatkan risiko sudut pemotongan terlalu banyak. DSDM terdiri dari :
- Tiga tahap : pra-proyek tahap, proyek-fase siklus hidup, dan tahap pasca proyek.
- Sebuah proyek fase siklus hidup dibagi ke dalam 5 tahapan: studi kelayakan, studi bisnis, model fungsional iterasi, desain dan membangun iterasi, dan implementasi.
Dalam beberapa situasi, ada kemungkinan untuk mengintegrasikan praktek-praktek dari metodologi lain, seperti Rational Uni ed Process (RUP) , Extreme Programming (XP) , dan PRINCE2 , sebagai pelengkap untuk DSDM. Metode lain tangkas yang memiliki beberapa kesamaan dalam proses dan konsep DSDM adalah Scrum .
DSDM dikembangkan di Inggris pada 1990-an oleh Konsorsium DSDM, sebuah asosiasi vendor dan ahli di bidang rekayasa perangkat lunak dibuat dengan tujuan "bersama-sama mengembangkan dan mempromosikan kerangka RAD independen" dengan menggabungkan mereka praktik terbaik pengalaman. DSDM adalah sebuah nirlaba, organisasi vendor independen yang memiliki dan mengelola kerangka DSDM. Versi pertama selesai pada Januari 1995 dan telah diumumkan pada bulan Februari 1995. Pada bulan Juli 2006, DSDM Publik Versi 4.2 dibuat tersedia bagi individu untuk melihat dan menggunakan, namun siapa pun menjual kembali DSDM masih harus menjadi anggota tidak-untuk keuntungan konsorsium.
- Pendekatan DSDM :
Prinsip
Ada sembilan prinsip dasar yang terdiri dari empat yayasan dan lima mulai-poin :
Keterlibatan pengguna merupakan kunci utama dalam menjalankan proyek e sien dan efektif, di mana baik pengguna dan pengembang berbagi tempat kerja, sehingga keputusan dapat dibuat secara akurat.
- Tim proyek harus diberdayakan untuk membuat keputusan yang penting bagi kemajuan proyek tanpa menunggu persetujuan tingkat lebih tinggi.
- Fokus pada sering pengiriman produk, dengan asumsi bahwa untuk menyampaikan sesuatu yang "cukup baik" sebelumnya selalu lebih baik daripada untuk memberikan segalanya "sempurna" pada akhirnya. Dengan memberikan produk sering dari tahap awal proyek, produk dapat diuji dan ditinjau di mana catatan uji dan telaah dokumen dapat diperhitungkan pada iterasi berikutnya atau tahap.
- Kriteria utama penerimaan suatu "deliverable" adalah memberikan sebuah sistem yang membahas kebutuhan bisnis saat ini. Memberikan sistem yang sempurna yang membahas semua kebutuhan bisnis yang mungkin adalah kurang penting dibandingkan berfokus pada fungsi kritis.
- Pembangunan iteratif dan inkremental dan digerakkan oleh 'umpan balik pengguna untuk berkumpul di suatu solusi bisnis yang efektif.
- Semua perubahan selama pengembangan adalah reversibel.
- Ruang lingkup tingkat tinggi dan persyaratan harus basa-pohon sebelum proyek dimulai.
- Pengujian dilakukan sepanjang hidup-siklus proyek. (Lihat -didorong pengembangan test untuk perbandingan).
- Komunikasi dan kerjasama antara semua pemangku kepentingan proyek ini harus e sien dan efektif.
Prasyarat untuk menggunakan DSDM
Agar DSDM untuk menjadi sukses, sejumlah prasyarat perlu direalisasikan. Pertama, perlu ada interaktivitas antara tim proyek, pengguna akhir masa depan dan manajemen yang lebih tinggi. Ini membahas juga dikenal kegagalan IS proyek proyek pembangunan karena kurangnya motivasi manajemen puncak dan / atau keterlibatan pengguna. Yang kedua prasyarat untuk proyek DSDM adalah bahwa proyek dapat membusuk dalam ke bagian yang lebih kecil memungkinkan penggunaan pendekatan iteratif.
Dua contoh jenis proyek yang DSDM tidak dianggap cocok adalah :
1. Kritis proyek Keselamatan - pengujian ekstensif dan validasi ditemukan dalam proyek kritis konf ik keamanan dengan tujuan DSDM menjadi tepat waktu dan sesuai anggaran.
2. Proyek-proyek yang bertujuan untuk memproduksi komponen yang dapat digunakan kembali tuntutan pada kesempurnaan seringkali terlalu tinggi dan kon ik dengan% 80 / 20.
- Proyek DSDM Life-Cyle
Tiga tahap DSDM
Kerangka DSDM terdiri dari tiga tahap berurutan, yaitu pra-proyek, proyek siklus-hidup dan
fase pascaproyek. Fase proyek DSDM adalah yang paling rumit dari tiga tahap. Proyek hidup fase siklus terdiri dari 5 tahapan yang membentuk pendekatan langkah-demi-langkah iteratif dalam mengembangkan sebuah IS. Tiga fase dan tahap yang sesuai dijelaskan secara luas di bagian berikutnya. Untuk setiap tahap / fase, aktivitas yang paling penting adalah ditangani dan point yang disebutkan.
- • Tahap 1 - Proyek-Pra
Dalam proyek tahap pra-proyek kandidat diidenti kasi, pendanaan proyek direalisasikan dankomitmen proyek terjamin. Penanganan masalah ini pada tahap awal menghindari masalah pada tahap akhir dari proyek seperti sapi.
- • Tahap 2 - siklus hidup Proyek
Gambaran umum proses dalam gambar di bawah ini menunjukkan umur proyek siklus fase ini DSDM. Ini menggambarkan 5 tahapan proyek akan harus melalui untuk menciptakan IS.
Dua tahap pertama, Studi Kelayakan dan Belajar Usaha adalah fase berurutan yang melengkapi satu sama lain. Setelah fase ini telah menyimpulkan, sistem dikembangkan iteratif dan bertahap dalam Fungsional Model Iterasi, Design & Build Iterasi dan tahap Implementasi. Sifat iteratif dan incremental dari DSDM akan dibahas lebih lanjut pada bagian selanjutnya.
- • Tahap 3 - Post proyek
Tahap pasca proyek memastikan sistem beroperasi seara efektif dan e sien. Hal ini diwujudkan dengan pemeliharaan, peningkatan dan perbaikan sesuai dengan prinsip-prinsip DSDM. Pemeliharaan ini dapat dilihat sebagai pembangunan berkelanjutan berdasarkan sifat iteratif dan incremental DSDM. Alih-alih menyelesaikan proyek dalam satu siklus biasanya proyek dapat kembali ke tahap sebelumnya atau tahap sehingga langkah sebelumnya dan produk deliverable dapat disempurnakan.
Berikut ini adalah diagram proses data DSDM sebagai siklus hidup Proyek utuh dengan semua dari empat langkah. Diagram ini menggambarkan perkembangan berulang DSDM, dimulai pada iterasi model fungsional, desain dan membangun iterasi, dan fase implementasi. Deskripsi dari setiap tahap akan dijelaskan nanti dalam entri ini .
Gambar 1.2.
Empat tahapan-siklus hidup Proyek
- • Tahap 1A : Studi Kelayakan
Selama tahap proyek, kelayakan proyek untuk penggunaan DSDM diperiksa. Prasyarat untuk penggunaan DSDM ditangani dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti: "ini memenuhi proyek yang diperlukan? kebutuhan bisnis Bisa ',' Apakah proyek ini cocok untuk penggunaan DSDM? dan 'Apa risiko yang paling penting yang terlibat?'. Yang penting teknik yang paling banyak digunakan dalam tahap ini adalah Lokakarya .
Point-point untuk tahap ini adalah Laporan Kelayakan dan Kelayakan Prototipe yang membahas kelayakan proyek di tangan. Hal ini diperpanjang dengan Global Garis Besar Rencana untuk sisa proyek dan Log Risiko yang mengidenti kasi risiko yang paling penting bagi proyek.
- • Tahap 1B: Kajian Bisnis
Studi bisnis memperluas studi kelayakan . Setelah proyek tersebut telah dianggap layak untuk penggunaan DSDM, tahap ini meneliti proses bisnis dipengaruhi, pengguna kelompok yang terlibat dan kebutuhan masing-masing dan keinginan. Sekali lagi lokakarya adalah salah satu teknik yang paling berharga, workshop di mana berbagai stakeholder berkumpul untuk membahas sistem yang diusulkan. Informasi dari sesi ini adalah digabungkan menjadi sebuah persyaratan daftar. Properti penting dari daftar kebutuhan adalah kenyataan bahwa persyaratan
yang (bisa) diprioritaskan . Persyaratan ini diprioritaskan menggunakan MOSKOWpendekatan.
Berdasarkan prioritas ini, rencana pembangunan adalah dibangun sebagai pedoman untuk sisa proyek.
Teknik proyek penting yang digunakan dalam pengembangan program ini adalah timeboxing . Teknik ini sangat penting dalam mewujudkan tujuan DSDM, yaitu berada di waktu dan anggaran, menjamin kualitas yang diinginkan. Sebuah arsitektur sistem merupakan bantuan untuk memandu pengembangan kiriman IS.The untuk tahap ini adalah de nisi area bisnis yang menggambarkan konteks proyek dalam perusahaan, arsitektur sistem de nisi yang
menyediakan arsitektur global awal dari IS dalam pengembangan bersama dengan sebuah rencana.pengembangan yang menguraikan langkah yang paling penting dalam proses pembangunan.
Di dasar kedua dokumen terakhir ada daftar kebutuhan prioritas. Daftar ini menyatakan semua persyaratan untuk sistem, diatur sesuai dengan MOSKOW prinsip. Dan terakhir Log Risiko diperbarui dengan fakta-fakta yang telah diidenti kasi selama fase DSDM.
- • Tahap 2: Model Iterasi Fungsional
Persyaratan yang telah diidenti kasi pada tahap sebelumnya dikonversi ke model fungsional. Model ini terdiri dari kedua prototipe berfungsi dan model. Prototyping adalah salah satu teknik proyek kunci dalam tahap yang membantu untuk mewujudkan keterlibatan pengguna yang baik di seluruh proyek. Prototipe yang dikembangkan ditinjau oleh kelompok-kelompok pengguna yang berbeda. Dalam rangka menjamin kualitas, pengujian dilaksanakan di seluruh setiap iterasi dari DSDM. Bagian penting dari pengujian tersebut diwujudkan dalam Model Iterasi Fungsional. Model Fungsional dapat dibagi menjadi empat sub-tahap :
a. Mengidenti kasi Fungsional Prototype: Tentukan fungsi untuk diterapkan di prototipe yang
dihasilkan dari iterasi ini.
b. Setuju Jadwal: Setuju tentang bagaimana dan kapan untuk mengembangkan fungsi ini.
c. Buat Fungsional Prototype: Mengembangkan prototipe. Menyelidiki, memperbaiki, dan
konsolidasi dengan prototipe Fungsional gabungan dari iterasi sebelumnya.
d. Review Prototype: Periksa kebenaran prototipe dikembangkan. Ini dapat dilakukan melalui
pengujian oleh pengguna akhir, kemudian gunakan catatan pengujian dan masukan pengguna untuk menghasilkan dokumen prototipe review fungsional.
Point-point untuk tahap ini adalah Model Fungsional dan Prototipe Fungsional yang bersama-sama mewakili fungsi yang dapat direalisasikan dalam iterasi ini, siap untuk pengujian oleh pengguna. Di samping ini, Persyaratan Daftar diperbarui, menghapus item yang telah terwujud dan memikirkan kembali prioritas persyaratan yang tersisa. Log Risiko juga diperbarui dengan memiliki analisis risiko pengembangan lebih lanjut setelah mengkaji dokumen prototipe.
- • Tahap 3: Desain dan Build Iterasi
Fokus utama dari iterasi DSDM adalah untuk mengintegrasikan komponen fungsional dari tahap sebelumnya ke dalam satu sistem yang memenuhi kebutuhan pengguna. Ini juga membahas kebutuhan non-fungsional yang telah ditetapkan untuk IS. Sekali lagi pengujian adalah kegiatan berlangsung penting dalam tahap ini. Desain dan Build Iterasi dapat dibagi menjadi empat sub-tahap :
a. Mengidenti kasi Desain Prototype: Mengidenti kasi kebutuhan fungsional dan non-fungsional yang perlu dalam sistem diuji.
b. Setuju Jadwal: Setuju tentang bagaimana dan kapan untuk mewujudkan persyaratan ini.
c. Buat Desain Prototype: Buat suatu sistem yang dapat dengan aman diserahkan kepada end user untuk penggunaan sehari-hari. Mereka menyelidiki, memperbaiki, dan mengkonsolidasikan prototipe iterasi saat ini dalam proses prototyping juga penting dalam tahap-sub.
d. Review Desain Prototype: Periksa kebenaran sistem yang dirancang. Sekali lagi menguji dan memeriksa adalah teknik utama yang digunakan, karena catatan pengujian dan masukan pengguna adalah penting untuk menghasilkan dokumentasi pengguna.
Point-point untuk tahap ini adalah Prototipe Desain selama fase yang mendapatkan pengguna akhir untuk menguji dan pada akhir Desain dan Build Iterasi Sistem Tested diserahkan ke tahap berikutnya. Pada tahap ini, sistem ini terutama dibangun dimana desain dan fungsi konsolidasi dan terintegrasi dalam prototipe. Lain deliverable untuk tahap ini adalah Dokumentasi User.
- • Tahap 4: Implementasi
Pada tahap implementasi, sistem diuji termasuk dokumentasi pengguna dikirim ke pengguna dan pelatihan
alon pengguna direalisasikan. Sistem akan dikirimkan telah ditinjau untuk menyertakan persyaratan yang telah ditetapkan pada tahap awal proyek. Tahap Implementasi dapat dibagi menjadi empat sub-tahap :
a. Persetujuan User dan Pedoman: Pengguna akhir menyetujui sistem diuji untuk implementasi dan pedoman yang berkaitan dengan pelaksanaan dan penggunaan sistem diciptakan.
b. Train Pengguna: Train pengguna akhir masa depan dalam penggunaan sistem.
c. Melaksanakan: Menerapkan sistem diuji pada lokasi pengguna akhir.
d. Review Bisnis: Review dampak dari sistem yang diterapkan pada bisnis, isu sentral akan menjadi apakah sistem memenuhi tujuan yang ditetapkan pada awal proyek. Tergantung pada proyek ini pergi ke tahap berikutnya, pasca proyek atau loop kembali ke salah satu fase sebelumnya untuk pengembangan lebih lanjut.
- DSDM Fungsional Model Iterasi
Model Meta
Asosiasi antara konsep dari kiriman dalam tahap Iterasi Fungsional Model digambarkan dalam model meta-data di bawah ini. Model meta-data yang akan dikombinasikan dengan diagram meta-proses Fungsional tahap Iterasi Model di bagian berikutnya.
Gambar 1.3.
Model Proses
Mengidenti kasi kegiatan prototipe fungsional adalah untuk mengidenti kasi fungsi yang akan di prototipe iterasi saat ini. Ingat bahwa kedua, analisis dan pengkodean dilakukan; prototipe dibangun, dan pengalaman yang diperoleh dari mereka yang digunakan dalam meningkatkan model analisis (didasarkan juga pada update daftar prioritas kebutuhan dan log risiko diperbarui). Prototipe dibangun tidak dapat dibuang seluruhnya, namun secara bertahap mengarahkan terhadap kualitas sehingga mereka dapat dimasukkan dalam sistem nal. Setuju jadwal adalah untuk menentukan kapan dan bagaimana prototyping akan dilaksanakan, ia meluas lingkup ke jadwal yang tersedia dan rencana prototyping. Dan karena pengujian dilaksanakan di seluruh seluruh proses, itu juga merupakan bagian penting dari tahap ini, dan oleh karena itu termasuk dalam hak aktivitas Prototipe Review setelah prototipe fungsional dibangun dan atatan pengujian akhirnya akan digunakan dalam proses prototipe meninjau dan menghasilkan dokumen review. Berikut ini adalah diagram proses-data Fungsional tahap Iterasi Model.
Gambar 1.4.
- Inti Teknik DSDM
- • Timeboxing
Timeboxing adalah salah satu teknik proyek DSDM. Hal ini digunakan untuk mendukung tujuan utama dari DSDM untuk mewujudkan pengembangan IS tepat waktu, sesuai anggaran dan dengan kualitas yang diinginkan. Gagasan utama di balik timeboxing adalah membagi proyek dalam porsi, masing-masing dengan anggaran tetap dan tanggal pengiriman. Untuk setiap bagian sejumlah persyaratan dipilih yang diprioritaskan sesuai dengan MOSKOW prinsip. Karena waktu dan anggaran yang tetap, sisanya hanya variabel persyaratan. proyek kehabisan waktu atau uang kebutuhan dengan prioritas terendah dihilangkan. Ini tidak berarti bahwa produk yang belum selesai disampaikan, karena pareto prinsip bahwa 80% dari proyek tersebut berasal dari 20% dari kebutuhan sistem, sehingga selama 20% yang paling penting dari persyaratan tersebut diimplementasikan ke dalam sistem, sistem Oleh karena itu memenuhi kebutuhan bisnis dan bahwa tidak ada sistem dibangun sempurna dicoba pertama.
- • MoSCoW
Moskow merupakan cara memprioritaskan item. Dalam konteks DSDM teknik Moskow digunakan untuk memprioritaskan kebutuhan. Ini adalah singkatan yang berdiri untuk: Harus memiliki kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Harus memiliki kebutuhan jika mungkin, namun keberhasilan proyek tidak bergantung pada
ini. Bisa mempunyai kebutuhan ini jika tidak mempengaruhi kebugaran kebutuhan bisnis proyek.
Akan memiliki kebutuhan pada kemudian hari jika ada beberapa waktu tersisa (atau dalam pengembangan masa depan sistem).
- • Prototyping
Teknik ini mengacu pada peciptaan prototipe sistem di bawah pengembangan pada tahap awal proyek. Hal ini memungkinkan penemuan awal kekurangan dalam sistem dan memungkinkan pengguna masa depan untuk 'uji coba' istem. Keterlibatan pengguna ini diwujudkan dengan cara yang baik, salah satu faktor kunci keberhasilan DSDM, atau proyek Pengembangan Sistem dalam hal ini.
- • Testing Pengujian
Sebuah aspek penting yang ketiga tujuan DSDM adalah penciptaan IS dengan kualitas yang baik. Dalam rangka mewujudkan solusi yang berkualitas baik, advokat DSDM pengujian seluruh setiap iterasi. Karena DSDM adalah metode dan teknik independen alat, tim proyek bebas memilih sendiri cara uji manajemen , misalnya TMap .
- • Workshop Bengkel
Salah satu proyek teknik's DSDM yang bertujuan untuk membawa para pemangku kepentingan yang berbeda dari proyek tersebut bersama-sama untuk mendiskusikan kebutuhan, fungsi dan saling pengertian. Dalam lokakarya para pemangku kepentingan berkumpul dan mendiskusikan proyek.
- • Modeling Modeling
Teknik ini sangat penting dan sengaja digunakan untuk memvisualisasikan representasi diagram dari aspek tertentu dari sistem atau bidang usaha yang sedang dikembangkan. Pemahaman yang lebih baik untuk tim proyek DSDM lebih dari domain bisnis.
- • Manajemen Kon gurasi
Sebuah implementasi yang baik dari manajemen kon gurasi teknik penting bagi sifat dinamis dari DSDM. Karena ada lebih dari satu hal yang ditangani sekaligus selama proses pengembangan sistem, dan produk yang disampaikan sering pada tingkat yang sangat cepat, produk sehingga perlu dikontrol ketat karena mereka mencapai (sebagian) selesai.
Source :
1. http://en.wikipedia.org/Dynami_System_Development_Method
2. http://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_terbuka
3. http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak_bebas
4. http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak_sumber_terbuka
5. Suprianto, Dodit (2008). Pemrograman PHP. Malang. OASE Media
6. Prahasta, Eddy (2005). Konsep-konsep Dasar Sistem Informasi Geogra s. Bandung. In-formatika
7. Peranginangin, Kasiman (2006). Aplikasi Web Dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta. Andi
8. Oguds (2008). Modi kasi DSDM Dalam Pembuatan Sistem Majalah Z. http://oguds.wordpress.com/2008/06/11/modi kasi-dsdm-dalam-pembuatan-editorial-majalah-z/ 24 April 2012
9. Nugroho, Buna t (2004). Database Relasional Dengan MySQL. Yogyakarta. Andi
10. http://dsdmofagilemethodology.wikidot.com
11. http://www.dsdm.org/content/history-dsdm
12. http://www.dsdm.org/content/what-dsdm
13. http://www.odeproject.com/Artiles/5097/What-Is-DSDM
14. http://books.google.com
No comments:
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana ini :)